Jangan Mengantarkan Barang Anak Yang Ketinggalan Ke Sekolah

| March 14, 2017 | 0 Comments

Jangan mengantarkan barang anak yang ketinggalan ke sekolah

Jangan mengantarkan barang anak yang ketinggalan ke sekolah

Banyak orang tua yang tidak tega ketika ada barang anaknya yang tertinggal di rumah. Baik itu bekal makan siang, pekerjaan rumah (PR) dan lain-lain. Apalagi di beberapa kota besar yang segalanya serba mudah sepertinya adanya telepon seluler dan transportasi online, tentunya para orang tua semakin mudah “mengirimkan barang” pada anak-anaknya ke sekolah.

 

Anda sebagai orang tua sebaiknya menghentikan kebiasaan itu sekarang juga. Berhenti mengantarkan barang anak Anda yang tertinggal ke sekolah. Mungkin tujuan Anda baik, tetapi dengan perlakuan yang seperti ini, Anak tidak akan belajar untuk mandiri dan belajar dari kesalahannya.

 

Sebuah sekolah di Seminole County, Florida, memiliki aturan yang jelas dan diletakan di gerbang depan: “Perhatian para siswa dan orang tua: Kami tidak menerima barang untuk diantarkan seperti makan siang, ransel, pekerjaan rumah, peralatan olahraga. Tolong disiapkan dengan sebaik-baiknya.” Tidak hanya sekolah tersebut, masih ada beberapa sekolah di belahan dunia lainnya yang menerapkan aturan tersebut.

 

Hal ini dilakukan karena SMA Lake Mary melihat kebiasaan ini menjadi sebuah tren: orang tua datang untuk menyelamatkan anak-anak mereka ketika mereka lupa apa yang mereka butuhkan untuk hari itu, dan tidak mau berurusan dengan konsekuensi yang mungkin timbul.

Dilarang bawa barang ke sekolah

Yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah membantu mereka dengan cara membuatkan daftar barang-barang apa saja yang perlu mereka bawa ke sekolah keesokan harinya, dan dampingi mereka ketika menyiapkannya (Ingat ya, mendampingi, bukan ikut melakukan). Peran kita sebagai orang tua cukup sampai disitu. Jika pada kenyataannya keesokan harinya anak-anak lupa membawa sesuatu, biarlah mereka belajar untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

 

Setiap orang tua pasti berpikir tidak tega jika anak-anaknya mendapatkan konseskuensi tertentu dari pihak sekolah. Tetapi dengan memanjakan mereka, kita justru tidak mengajarkan kepada anak-anak, tentang pentingnya sebuah tanggung jawab. Bukankah anak-anak itu nantinya tidak akan selamanya bergantung kepada kita sebagai orang tua? Jadi biarlah mereka belajar tentang hal ini sedini mungkin.

 

Tidak, sekali lagi tidak, saran ini bukan bertujuan untuk menyengsarakan anak-anak Anda. Justru jika kita bisa sedikit “tega” dalam menerapkan disiplin, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri di kemudian hari. Jadi ingat ya, mulai hari ini belajarlah untuk usahakan jangan mengantarkan barang anak yang ketinggalan ke sekolah.

Baca juga: Biaya beberapa sekolah di Jakarta dan Sekitarnya

Tags: , ,

Category: Parenting

About the Author ()

Internet Marketer, Affiliate Marketing, Synergy Worldwide Independent Distributor, Arminareka Perdana Business Partner

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Say NO to Plagiarism! Please write your own article!
%d bloggers like this: